Saturday 15 January 2011

Takut Disuntik

Sebagian orang memang ada yang takut disuntik dan ada pula yang sudah mati rasa atau memang sudah tidak takut jika akan disuntik. Oleh karenanya, sebagai calon pekerja kesehatan (dokter dkk) atau yang uda jadi pekerja kesehatan, diharapkan bisa meredakan sedikit rasa ketakutan pasien supaya prosedur kesehatan (yang memerlukan suntikan) bisa berjalan lancar hihihi. Nah, terus gimana dong kalo calon dokternya yang takut disuntik? Ngeekkk ngook! -___-''

liat deh jarumnyaa hiiii~ wkwk :p
Yapss, that happened to me and some of my friends huahahha. Sebelum masuk coass kan dianjurkan buat vaksin Hepatitis B, karena ga menutup kemungkinan kalo sementara menjalankan coass di RS itu bakalan ada pasien yang menderita Hepatitis B. Nah, that's why we have to vaccine!

Hepatitis B Vaccine
Jumat kemaren (14/01), aku, gledis, emie, nyunyun, pipit, dan mochy went to Iqha's Dad Lab to hmm~ u know already wkwkk. Kita semua deg2an karena ga cuma divaksin, sebelumnya harus periksa darah dulu huaa huaa, periksa HBsAg sama Anti-HBs. Test HBsAg untuk mengetahui apakah kita menderita Hepatitis B, dan Test Anti-HBs untuk tahu apakah kita uda punya antibody buat hepatitis B, nah kalo ternyata uda punya antibody, berarti nanti vaksinnya ga usa 3 kali hihi. (Vaksin hepatitis B harus 3 kali dalam 6 bulan)

Kata ipe, one of 11 who was afraid of injection, "u don't have to worried because the syringe was small. When I was going to be injected, I felt so scary, I yelled everywhere (maaf yg ini sengaja dilebaykan hihi, yg jelas ipa sangat ketakutan saat itu), then my Mom told me that the vaccination was over and I felt nothing!". Waahh, hebatt si ipa, ga da rasanya kata dia, makanya saya langsung tenang hihih, alhamdulillaah..
Tapi setelah mengetahui bahwa sebelum vaksin harus periksa darah dulu,wew! Huuaaaa, oohh Tidaakkk, kalo ambil darah kan beda jarum suntiknya, pasti pake nya yang besarr! Huaaa pasti sakiitt nihh,, hikshokss. Dan aku pun bertanya ke Ragil! Ternyataa sodara2, Sang Ragil memang tak takut apapun! Hal ini dibuktikan dengan jawabannya yang santai "Aku uda mati rasa kodongee kalau diambil darah..". Waahh mauu jugaa ga rasa apa2 kalo disuntik, tapi pas aku bilang ke ragil kek gitu, dy langsung melarangku buat mati rasa sebab yang membuatnya matirasa adalah karena dia sudah sering bolakbalik ke RS buat diambil darahnya. It means I have to bolakbalik diambil darahnya huaa huaa, semoga tidak Ya Allah, Aaaminnn :)

Kembali ke Lab tadi, nah sambil nunggu giliran kan kita nentuin siapa yang masuk duluan, awalnya mau berdasarkan NIM soalnya pada takut semua wkwkw tapi ga jadi hihi, belum lagi di Labnya banyak orang dan perawat dan kita semua pada heboh dan stress sendiri padahal belum juga disuntik. Sampai2 ada yang bilang "ini nih, berani nyuntik orang tapi pas gilirannya mau disuntik langsung stress wkwkkw", huaaa~. Ada juga yang bilang "mungkin begini ya perasaaan anak-anak yang mau disunat, pas disuntik takut bgt tp kita suruh tenang blg gpp, padahal dy disuntiknya muter2 melingkar di daerah vitalnya, huaaa~, nah kita cuma mw disuntik pas di daerah cubiti", dan masih byk lagi pendapat2 huahaha, pokoknya aslii stress!

Tibalah pada giliranku, degdeg! Masuklah aku pada ruangan tsb, disuru nulis nama dan umur. Dan perawat mulai memeriksa bagian cubiti dextra n sinistra (gayaa wkwkk), dan ternyata she couldn't find my veins huahaha katanya krn terlalu nervous jadinya susah kelihatan wkwkwk. Dan aku disuruh menunggu dan akhirnya masuklah mochy untuk diambil darahnya, aku bisa merasakan ketakutannya juga huaa huaa, dan dia juga sempat menarik lengannya ketika jarumnya akan masuk, tapi akhirnya bisa juga diambil hihi.

Aku tetap disuruh menunggu, biar rada tenangan katanya wkwkk, sampai akhirnya aku pindah ruangan dan semua teman2ku heran kenapa aku belum n I told them why hihih. Aku disuruh baring oleh perawatnya, dia mulai menensi (tensi) ku dan tidak pakai tourniquet lagi. Perawatnya masih belum bisa mendapatkan vena ku, wew~ ckckk aku kenapa yaa huaa huaa. Dan akhirnya dia memutuskan untuk menusuk salah satu vena yang dia yakini, aku mulai merasakan jarumnya menusuk kulitku, waah sakitt jugaa yaa ckckc hihi, n thx to emie! dia berusaha untuk mengajakku cerita supaya aku ga ngerasain jarumnya masuk, yah tapi tetap terasa wkwk. And you know what? darahnyaa ga keluaarr -__-'' fiuuhh~ padahal uda ditahan sakitnya wkwk, dan akhirnya dia memutuskan untuk mengambil darah di bagian tangan (fyi: bagian tangan itu lebih sakitt kalo disuntik huaa). Dan aku bilang sama perawatnya, "kalo bisa jangan ditangan buu", dan perawatnya blg "iyaa bukan kq". Aku menoleh ke sisi lain supaya ga melihatnya, dan yapss aku bisa merasakan sakitnyaa tapi aku pasrah saja -__-'', dan perawatny blg uda slse, aku seakan masih ngerasain klo jarumnya masih di dalam, dan aku bilang ke perawatnya "huaaaa, ga da darahnya lagi yaa, hikshoks..", dan emie pun berkata "ada jii anna wkwk". Thx God! Alhamdulillaaahhh finally~

Aku disuntik di pergelangan tangan, yang diambil dari a.radialis atw v.cephalica yaa hmm~
Setelah itu kami menunggu beberapa saat untuk hasil testnya, dan semua testnya itu (-) Negative wkwkk, dan kami pun menunggu giliran kembali untuk vaksin hepatitis B, agak lega juga sih soalnya kata ipe jarumnya kecil. Tapi hanya aku, gledis dan mochy yang divaksin karena anak yang lain pen nya di tempat lain hihih. Setelah disuntik, yapss bener kata ipe juga ga kerasa kalo uda divaksin hihih, lebih kerasa pas ambil darahnyaa huaa huaaa. Tapi kata gledis dan mochy, mereka lebih sakit pas vaksin. Hmm~ mgkin pas aku rasa sakitnya tertutupi karena ambil darahnya di pergelangan tangan wkwkk.

My wrist after blood aspration hihi, ada hematom nya & nyeri pas digerakin huhu
Sepanjang perjalanan pulang, aku masih merasa susah untuk menggunakan tangan kananku. Pas nyampe rumah, aku melihat bagian yang diambil darahnya tadi memerah alias hematom, wew! Yapss memang kadang ada efek seperti itu setelah diambil darah, tapi lama kelamaan akan hilang sendiri hihihi.~

Okaii, I think that's all~ hhuaaa semoga ga disuntik lagi wkwk, eh tapi keknya disuntik lagi deh, masih ada 2 kali jadwal vaksin huaaa. Vaksin II tgl 14 Februari 2011 dan Vaksin III tgl 14 Juli 2011. Tapi katanya kalo misalnya pas tgl 14 libur, bisa tgl sebelumnya, boleh lebih cepat tapi jangan lebih dari tgl 14! waahh semoga ingat~ aaminn aamiinn :)

1 comment: